Pages

Saturday, July 5, 2014

Peninggalan VOC di Jepara



Pintu masuk Benteng VOC Jepara

Berwisata ke tempat-tempat bersejarah sangat menyenangkan. Apalagi tempat itu adalah tempat yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Kali ini aku jalan-jalan di sekitar kotaku saja. Maklumlah karena low budget untuk bepergian ke luar kota.
Sore ini aku mengunjungi tempat wisata sejarah yang dulunya tempat ini menjadi salah satu tempatku bermain. Yaitu, Benteng VOC Jepara. Benteng VOC Jepara berada kurang lebih 500 m, di sebelah utara alun-alun Jepara. Letaknya diatas sebuah bukit yang tingginya sekitar 100 mdpl, yang biasa disebut oleh warga sekitar dengan nama Lodji Gunung.


Sekitar 20 tahun yang lalu aku selalu bermain di dalam sebuah benteng ynag awalnya tidak aku duga kalau itu adalah sebuah benteng VOC. Yang aku tahu hanyalah bekas bangunan tua. Apalagi disekitar benteng tersebut terdapat pemakaman umum dan sebuah taman makam pahlawan bernama Giri Dharma.

Taman Makam Pahlawan Giri Dharma

Benteng ini dulu sering aku jadikan tempat bermain bola bersama teman-temanku. Karena di area dalam benteng hanya berupa tanah datar yang kosong seperti sebuah tanah lapang. Cukuplah untuk bermain sepakbola untuk sepuluh anak kecil. Biasanya setelah lelah bermain bola aku bersama teman-temanku mencari pohon buah-buahan yang tumbuh di sekitar pekuburan. Tak heran bila dulu aku disebut “anak kuburan”, karena hobinya bermain di kuburan.
 
Sisa tembok benteng yang masih berdiri kokoh
Kembali ke benteng tersebut. Sekarang setelah pemerintah daerah berusaha melestarikan benda-benda peninggalan sejarah yang ada di Jepara, Benteng VOC tak luput dari proses pemugaran. Hanya saja para ahli yang menangani pemugaran Benteng VOC belum bisa melakukannya dengan maksimal dikarenakan sudah banyak bebatuan benteng yang sudah hilang dan kurangnya informasi tentang benteng ini. Sehingga tak banyak yang bisa dilakukan untuk pemugaran dengan baik.


Dalam bagian dalam benteng yang dulunya berupa tanah lapang sekarang sudah diubah menjadi sebuah taman yang indah dan sejuk. Banyak pohon-pohon yang ukurannya lumayan besar di taman itu. Di setiap ujung bagian benteng terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan yang tampak dari Benteng VOC. 
 
Taman Benteng VOC
Di sebelah selatan benteng, kita bisa melihat pemandangan kota Jepara dari tembok benteng tersebut. Di ketiga ujung benteng tersebut (di dekat gazebo) kita juga bisa menemukan pos jaga yang masih terjaga keutuhan bentuknya. Di luar benteng kita bisa menemukan Taman Makam Pahlawan Giri Dharma dan Hutan Buah yang di dalamnya ada pohon mangga, belimbing, jambu dan bahkan sukun, yang berada di sebelah timur Benteng VOC. Di sebelah barat, kita bisa melihat pantai dari Teluk Jepara dan sebuah stadion kebanggaan masyarakat Jepara, Stadion Gelora Bumi Kartini.
 
Pos Penjagaan
Konon, di pemakaman tua untuk orang Belanda dan Cina yang berada di sebelah timur laut Benteng VOC terdapat makam dari Kapten Francois Tack (Perwira VOC Senior yang ikut berjasa dalam penumpasan Trunajaya dan Sultan Ageng Tirtayasa). Namun ada versi yang mengatakan bahwa makam Kapten Francois Tack berada di Batavia (nama Jakarta pada masa pendudukan VOC). Tapi berdasarkan cerita kronologis yang disesuaikan dengan keadaan pada saat itu (tahun 1600-an), Kapten Francois Tack dimakamkan di pemakaman tua sekitar benteng ini. Namun hal itu belum bisa terbukti dikarenakan pemugaran Benteng VOC Jepara belum dilaksanakan dengan maksimal.
 
Pemandangan kota Jepara dari atas tembok benteng
Tempat ini layak dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Jepara. Meskipun hanya untuk istirahat melepas lelah karena perjalanan. Karena benteng ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan jauh dari keramaian kota.

No comments:

Post a Comment