Pages

Thursday, October 2, 2014

Mengenal Hewan Lebih Dekat





It’s good to be back. Begitu kalo kata orang-orang Amerika jika sudah lama menghilang dan nongol lagi. Tapi kali ini aku tidak akan bercerita tentang jalan-jalan di Amerika lho. Mungkin sekarang adalah belum saatnya aku bisa jalan-jalan ke sana. Tapi kali ini aku akan bercerita tentang sebuah tempat yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Yang jelas akan lebih asyik kalo rame-rame.


Bagi kalian yang sudah pernah singgah di Kota Semarang pasti tidak asing dengan tempat ini. Yaitu Kebun Binatang Semarang. Berlokasi di Kecamatan Mangkang. Tepatnya berada di depan terminal Mangkang dan dekat dari perbatasan Kota Semarang dengan Kabupaten Kendal.

Dulunya kebun binatang ini berada di Desa Tinjomoyo, Kecamatan Gunungpati. Tetapi disebabkan oleh lokasinya yang sulit dijangkau, membuat kebun binatang ini jarang pengunjung dan tidak terawat. Kemudian Pemerintah Kota Semarang berinisiatif untuk memindahkan kebun binatang tersebut ke tempat yang lebih baik.

Bagi para pengunjung yang menggunakan mobil jangan kuatir, karena di tempat ini terdapat parkir yang cukup luas untuk kendaraan berukuran besar. Bahkan cukup untuk menampung kendaraan para pengunjung ketika liburan tiba. 


Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp. 15000,- per orang kita bisa menikmati berbagai macam hewan yang dipelihara di kebun binatang ini. Dimulai dengan hewan-hewan pemakan tumbuhan seperti rusa tutul, kancil, kuda, sapi dan juga gajah tentunya. Di area ini kita juga bisa menemukan hiburan berupa jalan-jalan menaiki gajah. Selain itu, di dalam kebun binatang ini juga ada satu ruangan khusus yang menampilkan patung-patung diorama hewan-hewan yang dipelihara di kebun binatang ini. tempat yang cocok bagi mereka yang suka foto-foto.

Di area burung, kita bisa melihat beberapa jenis burung mulai dari yang kecil hingga yang besar dan tidak bisa terbang, sepereti burung kasuari dan merak. Di kandang-kandang besar yang tersedia juga dipelihara beberapa macam jenis burung elang yang populasinya sekarang terancam punah. Seperti elang laut, elang bondol dan lain sebagainya. 

Tidak hanya hewan pemakan tumbuhan dan burung yang bisa temui. Tapi juga hewan-hewan buas dan primata. Kita juga bisa melihat harimau, singa, buaya yang dipelihara dalam kandang yang sangat aman. Kita juga bisa menemui lutung, bekantan, orang utan juga wau-wau yang dipelihara di sebuah pulau kecil yang berada di tengah danau kebun binatang ini.

Ternyata, kebun binatang ini pernah mendapatkan sebuah prestasi. Yaitu, mendapatkan sebuah penghargaan karena telah berhasil membiakkan buaya muara secara alami dalam jumlah banyak.

Setelah kita lelah berkeliling melihat hewan-hewan yang dipelhara di kebun binatang ini, kita bisa beristirahat di tempat hiburan yang sudah tersedia. Ada tempat kita untuk membeli makanan kecil. Selain itu kita bisa menyewa sebuah kapal kayuh untuk menjelajahi danau yang ada di kebun binatang ini. Bagi yang ingin menyegarkan badan, tersedia juga sebuah kolam renang dengan segala permainan airnya.

Bagi kalian yang sedang ada di Kota Semarang  dan akan meninggalkan kota ini melalui Kabupaten Kendal, tak ada salahnya jika kalian mampir sejenak bersama keluarga dan teman.

Sekian dari saya dan semoga bertemu kembali di tulisan berikutnya di tempat liburan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment